Menyambut Asian Games 2018, pemerintah serius mempersiapkan event olah raga terbesar se Asian tersebut. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada anak muda, khususnya mahasiswa, melalui acara Creative Media Workshop dan Creative Talk dalam rangkaian Road to Asian Games 2018 di Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Acara yang diselenggarakan pada Selasa (12/12/2017) tersebut diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Mahasiswa dari UNNES maupun kampus lain di Semarang dan sekitarnya menyambut acara ini dengan antusias. Sejak pagi sekitar 2.000 mahasiswa memadati area auditorium utama UNNES.

Melalui acara ini, Kementerian Komunikasi dan mengajak para mahasiswa untuk mendukung dan mensukseskan Asian Games 2018. Caranya, dimulai dari mengelola dan menyebarluaskan informasiĀ  mengenai kegiatan tersebut.

Kaum muda masa kini merupakan digital natives. Artinya semua terkoneksi dengan gawai dan internet, sehingga setiap detik selalu menerima informasi dari berbagai sumber. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Rosarita Niken Widiastuti dalam sambutannya.

“Artinya informasi yang masuk seperti tsunami. Kita harus bisa memilah konten yang kita share, apakah informasi itu benar, dan jika benar apakah bermanfaat dan sumbernya benar,” tutur Niken.

Oleh sebab itu, lanjut Niken, para mahasiswa mesti menjadi penggerak masyarakat untuk bisa mengunggah konten-konten positif, terutama berkaitan dengan Asian Games 2018. Dengan demikian, Indonesia bisa menciptakan atmosfer yang positif pula di mata negara-negara lainnya.

“Kita akan menjadi tuan rumah bagi 45 negara, mari tunjukkan berbagai kebaikan Indonesia. Contohnya pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik, 5,2 persen, dan baik untuk investasi; Indonesia yang penuh keberagaman tapi tetap rukun, dan lain-lain,” katanya.

Hal tersebut disambut baik oleh para mahasiswa yang hadir kala itu. Acara berlangsung seru dan penuh interaksi antar pembicara dan mahasiswa.

Adapun acara yang berlangsung dari pukul 09.00 sampai 16.00 ini turut menghadirkan praktisi Public Relations Silih Agung Wasesa, Managing Editor BolaSport.com Firzie Idris, Editor Multimedia Kompas.com Roderick Adrian Mozes, dan Distribution Partnership Manager Kompas.com Rubbi Widiantoro.

Penyanyi Vidi Aldiano juga ikut meramaikan acara ini dengan berbagi pengalamannya di bidang kreatif. Selain karena pengisi acara dan konten yang berbobot, panduan kedua host yang kocak pun tak kalah mencuri perhatian. Semuanya sukses membuat peserta tak jenuh mengikuti acara Creative Media Workshop dan Creative Talk sampai akhir.

 

Berita ini telah diterbitkan di kompas.com tanggal 15/12/2017, 09.12 wib.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here