Berita

Prestasi PT PMLI, Perwujudan Pelaksanaan Praktik Etika Bisnis dan Penerapan GCG Secara Fundamental

38
×

Prestasi PT PMLI, Perwujudan Pelaksanaan Praktik Etika Bisnis dan Penerapan GCG Secara Fundamental

Share this article

Jakarta, Bumntrack.co.id – Pandemi Covid-19 yang pertama kali terkonfirmasi di Indonesia sejak Maret 2020 IaIu nampaknya menjadi hantaman yang begitu keras dalam segala aspek kehidupan. Seluruh aspek mulai dari ekonomi, sosial hingga keagamaan mau tak mau harus dibatasi bahkan terhenti dalam proses pelaksanaannya. Pandemi yang menyerang sistem imunitas tubuh manusia ini juga telah meluluhlantakkan banyak entitas bisnis hingga mengalami kerugian dan terpaksa gulung tikar.

PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PT PMLI) yang bertumpu pada kinerja operasi bidang pembelajaran dan konsultansi, hotel & tourism, serta MICE (meetlnQ, lncentlve, convention, and exhibition) juga tentu merasakan dampak yang begitu luar biasa dari adanya pandemi Covid-19 ini. Sejak awal infeksi virus ini di mulai, aktivitas perusahaan terpaksa terhenti dalam jangka waktu yang tidak singkat. Hal ini membuat manajemen dan seluruh lini perusahaan harus melakukan inovasi dan kolaborasi untuk terus menggerakkan roda perusahaan.

Salah satu yang menjadi upaya inovasi perusahaan adalah pemanfaatan media digital sebagai sarana dalam pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan yang semula dilaksanakan langsung secara tatap muka dialihkan pelaksanaannya secara virtual melalui mekanisme dalam jaringan (daring). Segala aspek adaptasi juga dilakukan untuk mencegah infeksi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaan program yang harus dilaksanakan secara tatap muka.

Upaya yang dilakukan seluruh lini perusahaan tersebut dengan mengedepankan kolaborasi dan sinergi terbukti memberikan dampak yang positif. Selain aktivitas kinerja operasi yang mulai kembali bergerak, upaya inovasi juga telah terbukti memberikan dorongan dalam aspek kinerja keuangan yang cukup membanggakan. Upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh lini perusahaan juga telah terbukti membawa PT PMLI untuk turut bersanding dengan perusahaan-perusahaan lainnya yang mampu bertahan dan mencatatkan kinerja keuangan yang baik dalam situasi pandemi Covid-19.

Beberapa waktu IaIu, prestasi yang membanggakan juga turut didapatkan oleh PT PMLI. Prestasi tersebut yaitu perolehan 2 (dua) penghargaan sekaligus dalam ajang Anugerah BUMN Tahun 2022. Penghargaan yang diperoleh PT PMLI dalam ajang tersebut diantaranya :

  1. Terbaik II dalam Tata Kelola Perusahaan (GCG) — Kategori Anak Perusahaan BUMN;
  2. The Best CEO, Driving in Educations Innovative Talent atas nama Chiefy Adi Kusmargono, Direktur Utama PT PMLI.

Upaya transformasi yang dilakukan dengan didukung praktik etika bisnis yang baik menjadi kunci utama sebuah entitas bisnis dapat tumbuh dan bertahan. “Upaya-upaya strategis yang telah dilakukan oleh PMLI diantaranya transformasi kegiatan dari konvensional menjadi digital; Strategi Peningkatan fundamental kinerja operasional dan keuangan melalui pengembangan produk, pemasaran secara agresif, Revenue Enhancement/Creativity, dan Cost Effectlveness. Semua upaya tadi harus dilandasi dengan praktik kerja dengan mengedepankan etika bisnis diantaranya penerapan tata kelola perusahaan yang baik,” kata Direktur PT PMLI, Nurjadin Surur dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (4/4/22).

Menurutnya, capaian prestasi dan kinerja perusahaan tidak lepas dari aspek pendukung utama yakni sumber daya manusia (SDM). “Pencapaian kinerja tersebut tidak terlepas dari dukungan sumber daya manusia dan pendekatan manajemen dalam memahami ekspektasi seluruh pemangku kepentingan. Manajemen meyakini bahwa lnternal confidence yang telah diperoleh selanjutnya akan mampu melahirkan kinerja operasional dan keuangan serta pertumbuhan yang berkualitas dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Sebelumnya PT PMLI juga memperoleh penghargaan dari League of American Communlcations Professlonals (LACP) – 2020/21 VlSlon Awards Annual Report Competltlon. Dalam ajang penghargaan internasional tersebut, Buku Laporan Tahunan PT PMLI Tahun 2020 memperoleh 2 (dua) penghargaan diantaranya :

  1. Platinum Winner[Education Sector);
  2. Top 100 Worldwide Rank: 37’

Dalam hal ini manajemen PT PMLI memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh lini perusahaan atas perolehan prestasi yang mempu diraih oleh PT PMLI. Ke depan komitmen untuk terus menjalankan aktivitas perusahaan dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku serta penerapan mekanisme Good Corporate Governance (GCG) secara fundamental akan terus dilaksanakan untuk memberikan nilai tambah yang positif tidak hanya bagi perusahaan namun juga bagi bangsa dan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *