Bisnis

KADIN Kalsel Mendorong Digitalisasi Produk UMKM On Boarding di E-Katalog LKPP

34
×

KADIN Kalsel Mendorong Digitalisasi Produk UMKM On Boarding di E-Katalog LKPP

Share this article
Banjarmasin – mediabanjarmasin.com, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan sosialisasi untuk On Boarding Produk UMKM KADIN Provinsi Kalimantan Selatan di E-Katalog LKPP pada tanggal 14 Maret 2023. Acara ini dihadiri oleh para UMKM binaan KADIN Kalsel, pengurus KADIN di tingkat kabupaten kota, dan undangan dari Organisasi Bisnis, seperti HIPMI Kalsel, IWAPI Banjarmasin, dan HIPMI Banjarmasin.
Acara tersebut berlangsung di Gedung KADIN, Jalan Brigjend Hasan Basri Banjarmasin, dan diresmikan oleh Ibu Shinta Laksmi Dewi, selaku Ketua KADIN Kalsel. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya UMKM memahami sistem E-Katalog di LKPP untuk memperluas pasar UMKM di pengadaan barang dan jasa pemerintahan.
Sosialisasi ini juga membahas topik tentang NIB (Nomor Induk Berusaha), yang disampaikan oleh Ketua Komite Tetap Pelayanan Perizinan dan OSS KADIN Kalsel, Ibu Nur Mahya. Dalam presentasinya, beliau menjelaskan betapa mudahnya membuat NIB dan menambahkan KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia).
Selanjutnya, Ketua Komite Tetap Strategi, Sumber Daya, dan Kelembagaan, Bapak Rizla, membahas tentang cara pendaftaran E-Katalog secara online dan mempraktekkan bagaimana melihat produk-produk yang sudah tampil di e-catalog. Hal ini dilakukan agar para UMKM dapat menilai harga dan spesifikasi yang sesuai untuk di posting nantinya di E-Katalog.
Untuk memastikan para UMKM dapat memahami lebih dalam, event ini akan dilanjutkan dengan pendampingan oleh Pak Rizla melalui platform group WhatsApp. Hal ini bertujuan agar para UMKM dapat bertanya kepada Pak Rizla apabila mengalami kendala dalam pendaftaran atau penggunaan E-Katalog.
Dalam kesimpulannya, acara sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan para UMKM tentang digitalisasi produk dan pemanfaatan E-Katalog LKPP dalam memperluas pasar UMKM di pengadaan barang dan jasa pemerintahan. (nicko)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *