Berita

Antisipasi Balap Liar di Kalsel, Polda dan IMI Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan

63
×

Antisipasi Balap Liar di Kalsel, Polda dan IMI Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan

Share this article

Banjarmasin – mediabanjarmasin.com, Polda Kalsel bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia Kalimantan Selatan (IMI Kalsel) telah mengadakan Rapat Koordinasi Penanggulangan Balap Liar pada hari Minggu (2/3/2023) di Convention Hall Hotel Banjarmasin Internasional Banjarmasin. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi pelanggaran lalu-lintas balapan liar di jalan dan suara knalpot kendaraan bermotor yang melebihi ambang batas kebisingan/knalpot brong serta untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu-lintas.

Dalam rapat tersebut, Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol. Maesa Soegriwo SIK, didampingi Ketua IMI Kalsel Ir H Edy Sudarmadi, menjelaskan bahwa balap liar sudah menjadi suatu ajang talenta muda event turnament yang perlu diberi pengawasan lebih. Oleh karena itu, Ditlantas Polda Kalsel menggandeng IMI dan klub motor duduk bersama untuk mengadakan Sunday Race di pal 21 pada tanggal 1 Juli mendatang. Sebelum itu, akan diadakan pelatihan dan workshop bersama agar tidak terjadi balap liar lagi.

IMI Kalsel dan Ditlantas Polda Kalsel akan menggandeng Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, dishub Kalsel, TNI dan Satpol PP untuk mencegah terjadinya balap liar dengan tindakan preventif dan represif. Diharapkan bahwa kegiatan Sunday Race dan kegiatan lainnya yang diadakan dapat memberikan edukasi dan pengertian berkendara yang safety serta ketrampilan berkendara bagi para pembalap.

Ketua IMI Kalsel, Edy Rahmayadi, mengatakan bahwa balap liar tidak bisa diabaikan karena hampir seluruh wilayah kabupaten kota di Kalimantan Selatan telah terkena dampaknya. Oleh karena itu, kegiatan Sunday Race dan kegiatan lainnya dapat memberikan wawasan kepada para pembalap untuk menghindari balap liar dan memberikan dampak positif bagi masa depan. Selain itu, kegiatan tersebut dapat meningkatkan etika berkendara yang baik baik di publik maupun di race.

Dalam kegiatan Sunday Race yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2023 mendatang, IMI Kalsel dan Ditlantas Polda Kalsel akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalsel, Dinas Perhubungan Kalsel, TNI, dan Satpol PP untuk memastikan keberhasilan acara tersebut. Harapan dari kegiatan Sunday Race ini adalah untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada pembalap liar tentang keselamatan berkendara, keterampilan berkendara yang aman, dan etika berkendara yang baik.

Ketua IMI Kalsel, Edy Rahmayadi, menyatakan bahwa balap liar tidak bisa diabaikan begitu saja, karena hampir seluruh wilayah kabupaten kota di Kalsel terdapat praktik balap liar. Namun, kegiatan seperti Sunday Race diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masa depan para pembalap liar dengan memberikan wawasan dan pengertian yang lebih baik tentang berkendara yang aman dan etika berkendara yang baik.

Dalam upaya penanggulangan balap liar, Ditlantas Polda Kalsel dan IMI Kalsel juga telah mengacu pada beberapa undang-undang, seperti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta Surat Telegram Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Nomor: ST/275/III/LIT.3./2023 tanggal 24 Maret 2023 tentang upaya antisipasi dini terhadap pelanggaran lalu lintas balapan liar dan knalpot brong/kebisingan.

Dengan adanya kerja sama antara Ditlantas Polda Kalsel, IMI Kalsel, dan berbagai pihak terkait lainnya, diharapkan dapat mengurangi praktik balap liar di wilayah Kalsel dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara dan etika berkendara yang baik. Nick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *