BisnisBerita

Indosat Kinerja Tumbuh Dua Digit pada Kuartal 1 2023 dengan Fokus Strategi Go-to-Market

60
×

Indosat Kinerja Tumbuh Dua Digit pada Kuartal 1 2023 dengan Fokus Strategi Go-to-Market

Share this article

Banjarmasin – mediabanjarmasin.com, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau Perusahaan) mencatatkan kinerja keuangan dan operasional yang positif pada kuartal pertama tahun 2023. Pertumbuhan kuat dua digit tersebut didorong oleh fokus perusahaan dalam mengeksekusi strategi Go-to-Market-nya secara tepat. Pada kuartal tersebut, total pendapatan Indosat berhasil tumbuh sebesar 9,9% YoY menjadi Rp11.945,0 miliar. Seluruh lini bisnis Indosat berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan yang kuat tersebut.

Pendapatan Selular naik 9,4% YoY didukung oleh peningkatan pendapatan Data dan Interkoneksi. Pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) bertambah 11,2% YoY didorong oleh pertumbuhan pendapatan Layanan IT dan Internet Tetap. Pendapatan Telekomunikasi Tetap meningkat 24,4% YoY dipicu oleh kenaikan pendapatan Telepon Internasional dan Jaringan Tetap. Pertumbuhan kinerja top-line yang solid mampu menghasilkan peningkatan EBITDA yang kuat sebesar 21,7% YoY menjadi Rp5.329,1 miliar, dengan marjin EBITDA mencapai 44,6%.

Dari sisi operasional, basis pelanggan Indosat berhasil meningkat 3,9 juta menjadi 98,5 juta pelanggan pada kuartal pertama 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Tercatat pengguna data 4G bertambah 5,1 juta YoY menjadi 73,4 juta pengguna. Peningkatan ini diperkuat oleh pertumbuhan pelanggan berkualitas yang menghasilkan peningkatan Pendapatan Rata-rata Per Pengguna (ARPU) gabungan pada kuartal pertama tahun 2023 yang mencapai Rp32,9 ribu, naik dari Rp32,0 ribu pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Dengan basis pelanggan berkualitas yang semakin berkembang, lalu lintas data Indosat mengalami kenaikan 17,3% YoY pada kuartal pertama 2023 menjadi 3.375,7 Petabyte (PB). Indosat semakin memperluas infrastruktur jaringannya ke seluruh Tanah Air dengan jumlah BTS 4G yang bertambah 26,7% YoY menjadi 152 ribu BTS 4G untuk melayani trafik data yang terus tumbuh pesat. Pada kuartal pertama 2023 ini tercatat penyerapan Capital Expenditure (CAPEX) meningkat 2,9% YoY menjadi Rp2.443,3 miliar.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menyatakan bahwa eksekusi strategi Go-to-Market mereka yang tepat menjadi pendorong utama pertumbuhan perusahaan. Berbagai pencapaian positif di sepanjang kuartal tersebut, termasuk penyelesaian integrasi jaringan mereka, akan mempercepat pertumbuhan transformasi digital Indonesia. Vikram Sinha juga mengucapkan terima kasih kepada semua pelanggan dan pemegang saham atas dukungan dan kepercayaan yang bisnis MIDI.

Indosat Ooredoo Hutchison terus berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dan jaringan untuk melayani kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia. Perusahaan terus melakukan investasi yang signifikan untuk memperkuat infrastruktur jaringannya, termasuk perluasan jaringan 4G di seluruh Indonesia. Hal ini juga terlihat dari peningkatan jumlah BTS 4G Indosat yang mencapai 152 ribu pada kuartal pertama 2023.

Dalam upaya untuk terus mengembangkan dan memperkuat bisnisnya, Indosat terus melakukan inovasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Salah satu contohnya adalah kerja sama dengan perusahaan teknologi besar seperti Huawei dan Cisco untuk mengembangkan teknologi terbaru dan memperkuat jaringan Indosat. Selain itu, Indosat juga terus mengembangkan layanan dan produk baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, seperti layanan Gojek yang diintegrasikan dengan layanan pembayaran digital Indosat Ooredoo dan layanan berlangganan streaming video HOOQ yang kini diakuisisi oleh Perusahaan.

Di tengah persaingan yang semakin ketat di industri telekomunikasi Indonesia, pencapaian kinerja keuangan yang solid pada kuartal pertama 2023 menunjukkan bahwa Indosat mampu mempertahankan posisinya di pasar dan terus tumbuh dengan kuat. Dengan fokus pada eksekusi strategi Go-to-Market yang tepat dan investasi yang signifikan dalam pengembangan infrastruktur dan inovasi, Indosat siap untuk terus menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggannya dan membantu memperkuat transformasi digital Indonesia.

Secara keseluruhan, kinerja keuangan Indosat pada kuartal pertama 2023 menunjukkan pencapaian yang positif, dengan pertumbuhan pendapatan, EBITDA, dan laba periode berjalan yang kuat. Peningkatan jumlah pelanggan berkualitas dan peningkatan ARPU juga menjadi faktor penting dalam pencapaian ini. Dengan fokus pada eksekusi strategi Go-to-Market yang tepat dan investasi yang signifikan dalam pengembangan infrastruktur dan inovasi, Indosat siap untuk terus tumbuh dan memperkuat posisinya di pasar telekomunikasi Indonesia. Nick/rilis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *