BeritaBisnis

Ikut Sukseskan Balap Mobil Formula Listrik 2023 XL Axiata Siapkan Jaringan 5G di Ancol

33
×

Ikut Sukseskan Balap Mobil Formula Listrik 2023 XL Axiata Siapkan Jaringan 5G di Ancol

Share this article
Teknisi sedang bekerja dengan perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata di kawasan Ancol, Jakarta Utara, akhir pekan lalu. XL Axiata menyiapkan jaringan 5G dan 4G di kawasan Ancol menjelang gelaran balap mobil formula listrik, 3-4 Juni 2023 mendatang. Untuk jaringan 5G di sekitar area sirkuit, XL Axiata memanfaatkan teknologi Dynamics Spectrum Sharing (DSS) di tiga BTS. Selain itu, juga disiagakan satu unit mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event dunia tersebut berlangsung.

XL Axiata juga menyediakan jaringan 5G di sekitar area sirkuit dengan memanfaatkan teknologi Dynamics Spectrum Sharing (DSS) sebanyak 3 BTS, dan satu mobile BTS dari total keseluruhan 20 BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event balap mobil formula listrik level dunia tersebut berlangsung.

Jakarta, 26 Mei 2023. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan 4G yang dimiliki di Jakarta Utara dalam kondisi prima dan siap menyambut gelaran balap mobil formula listrik, 3-4 Juni 2023 di Jakarta. Pada hajatan akbar seri balap mobil listrik dunia tersebut, XL Axiata telah menyiapkan sedikitnya 20 unit BTS 4G untuk meng-cover seluruh area balapan di kawasan Ancol, termasuk sirkuit dan area pendukung di sekelilingnya, yang di dalamnya terdapat hotel, restoran, pantai, dan berbagai penunjang pariwisata lainnya.

Plt. Group Head Technology Strategy & Assurance XL Axiata, Tetra Siti Sarah, mengatakan, “Seperti tahun sebelumnya, kami kembali berkomitmen untuk ikut serta mendukung gelaran balap mobil formula listrik, dengan menyediakan jaringan 4G dan 5G secara memadai sesuai dengan kebutuhan. Potensi lonjakan trafik di event ini sangat besar mengingat event balap mobil listrik salah satu ajang balap yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia secara luas, belum lagi potensi hadirnya penonton dari luar negeri. Semakin banyak orang datang ke area tersebut, kebutuhan atas jaringan telekomunikasi dan data yang berkualitas juga dipastikan akan meningkat.”

Tetra menambahkan, berdasarkan data trafik saat gelaran balap mobil formula listrik tahun lalu, tercatat lonjakan trafik data XL Axiata mencapai 8,9 terabyte atau meningkat sekitar 136% dari trafik data normal, khusus di area sirkuit. Untuk gelaran tahun ini diprediksi akan lebih meningkat sekitar 2x dari hari normal, mengingat popularitas ajang balap mobil formula listrik ini di Indonesia.

Selain gencar melakukan peningkatan kualitas jaringan 4G di wilayah sekitar, XL Axiata juga menyediakan jaringan 5G di sekitar area sirkuit dengan memanfaatkan teknologi Dynamics Spectrum Sharing (DSS) sebanyak 3 BTS, dan satu mobile BTS dari total keseluruhan 20 BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event balap mobil formula listrik level dunia tersebut berlangsung.

“Kapasitas jaringan kami di sekitar Ancol kami tingkatkan hingga 1.4x antisipasi lonjakan trafik selama hari balapan. Dengan tingginya antusiasme masyarakat serta publikasi dan pemberitaan mengenai balap mobil formula listrik yang cukup luas dan gencar selama ini, pengunjung Ancol bisa membludak dan pastinya akan mendorong kenaikan trafik. Kami antisipasi benar segala kemungkinan yang bisa terjadi agar nanti di hari H tidak terjadi hambatan yang berarti dan balapan ini pun juga bisa berlangsung lancar,” jelas Tetra.

Khusus di Jakarta Utara, wilayah yang menjadi tempat perhelatan ajang balap mobil formula listrik, XL Axiata memiliki lebih dari 1.800 BTS, dengan lebih dari 1.000 di antaranya BTS 4G. Sementara itu, untuk seluruh wilayah DKI Jakarta, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 10.000 BTS, termasuk lebih dari 6.100 BTS 4G.

Rel/IB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *