BeritaBisnis

Menggali Makna Urgensi Akhlak Bagi Pengusaha: Perspektif dari Kajian Bisnis Hipmi Kota Banjarmasin

53
×

Menggali Makna Urgensi Akhlak Bagi Pengusaha: Perspektif dari Kajian Bisnis Hipmi Kota Banjarmasin

Share this article
Banjarmasin – Mediabanjarmasin.com, Hipmi Kota Banjarmasin menggelar Kajian Bisnis dengan tema “Urgensi Akhlak Bagi Para Pengusaha” sebagai salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap awal bulan guna meningkatkan kapasitas diri para anggota Hipmi Kota Banjarmasin. Pada tanggal 25 Mei 2023, kegiatan tersebut diadakan di sekretariat Hipmi Banjarmasin yang terletak di Jl. Raya Banjar Indah No 63. Acara tersebut dihadiri oleh pengurus inti dan anggota Hipmi Banjarmasin.
Dalam kesempatan tersebut, hadir sebagai penceramah Ustadz Hafizh Anshari, LC. Beliau memberikan pencerahan mengenai pentingnya akhlak yang baik bagi para pengusaha. Kehadiran penceramah yang kompeten ini memberikan nilai tambah pada kajian bisnis yang diadakan oleh Hipmi Kota Banjarmasin.
Selain anggota Hipmi, turut hadir juga Ketua BPC Hipmi Kota Banjarmasin, Aulia Rahman, Sekretaris Umum Ridwan AQJ, Dewi Maressa
Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan dan jajaran terkait yang hadir untuk mendukung dan memperkaya diskusi dalam kajian bisnis ini.
Pertemuan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para pengusaha mengenai pentingnya akhlak yang baik dalam dunia bisnis. Ustadz Hafizh Anshari, LC menggarisbawahi beberapa alasan mengapa akhlak yang baik menjadi urgensi bagi para pengusaha. Salah satu alasan tersebut adalah pentingnya keadilan dalam bisnis, di mana pengusaha harus bersikap jujur, adil, dan bertanggung jawab dalam memperlakukan karyawan, mitra bisnis, dan pelanggan.
Selain itu, Ustadz Hafizh juga menjelaskan bahwa akhlak yang baik dapat membantu membangun reputasi dan kepercayaan yang kuat dalam bisnis. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, reputasi yang baik menjadi modal penting yang dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan dan mitra bisnis.
Dalam kajian ini, Ustadz Hafizh juga mengajak para pengusaha untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, karyawan, dan mitra bisnis melalui sikap saling menghormati, peduli, dan menghargai. Hal ini akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan meningkatkan efisiensi bisnis.
Urgensi akhlak bagi para pengusaha juga terkait dengan kontribusi mereka pada pembangunan masyarakat. Para pengusaha yang memiliki akhlak yang baik tidak hanya fokus pada keuntungan pribadi, tetapi juga memperhatikan kepentingan masyarakat secara luas. Dengan berprinsip pada akhlak yang baik, pengusaha dapat berperan dalam pembangunan masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja, pembangunan ekonomi lokal, dan partisipasi dalam kegiatan sosial.
Kajian bisnis yang diadakan oleh Hipmi Kota Banjarmasin ini memberikan kesempatan bagi para pengusaha untuk meningkatkan pemahaman dan pemahaman mereka tentang urgensi akhlak dalam dunia bisnis. Melalui pencerahan dan pembelajaran yang diberikan oleh Ustadz Hafizh Anshari, LC, diharapkan para pengusaha dapat menerapkan akhlak yang baik dalam setiap aspek kehidupan bisnis mereka.
Dalam upaya menerapkan akhlak yang baik, Ustadz Hafizh memberikan saran praktis kepada para pengusaha. Pertama, para pengusaha perlu memperkuat hubungan dengan Allah melalui meningkatkan ibadah dan menghindari perilaku yang bertentangan dengan ajaran agama. Kedua, penting bagi pengusaha untuk selalu berpegang pada prinsip kejujuran dan keadilan dalam berbisnis. Menghindari penipuan, manipulasi, atau praktik tidak etis lainnya adalah kunci dalam menjaga integritas bisnis.
Selanjutnya, pengusaha perlu membangun tim yang solid dengan memberikan perlakuan yang adil dan menghargai kontribusi karyawan. Dalam menjalankan bisnis, penting untuk menjaga kualitas produk atau layanan yang ditawarkan kepada pelanggan. Dengan memberikan yang terbaik kepada pelanggan, pengusaha dapat membangun kepercayaan dan kepuasan pelanggan yang berdampak positif pada kelangsungan bisnis mereka.
Terakhir, pengusaha juga diingatkan untuk tidak hanya fokus pada keuntungan pribadi, tetapi juga memperhatikan kepentingan masyarakat. Dengan berperan aktif dalam pembangunan masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja, pembangunan ekonomi lokal, dan partisipasi dalam kegiatan sosial, pengusaha dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekitar.
Dengan menghadiri kajian bisnis ini dan menerapkan saran-saran yang diberikan oleh Ustadz Hafizh Anshari, LC, diharapkan para pengusaha Hipmi Kota Banjarmasin dapat menjadi contoh yang baik dalam dunia bisnis dengan mengedepankan akhlak yang baik. Melalui akhlak yang baik, pengusaha dapat menciptakan lingkungan bisnis yang adil, transparan, dan berkelanjutan, serta turut berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik.(nick)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *