BeritaBisnis

Uji Coba Transaksi Subsidi Tepat LPG 3 kg Bersubsidi di Kalimantan Selatan, Pertamina Berharap Penyaluran Akan Tepat Sasaran

46
×

Uji Coba Transaksi Subsidi Tepat LPG 3 kg Bersubsidi di Kalimantan Selatan, Pertamina Berharap Penyaluran Akan Tepat Sasaran

Share this article
Hingga 11 Juni 2023 penyaluran LPG 3 Kg di Kalimantan Selatan mencapai 49% atau sekitar 47.546 Metric Ton setara dengan 15,8 Juta tabung dari kuota Tahun 2023.

Banjarmasin – Dalam rangka memastikan ketepatan sasaran penyaluran LPG 3 kg bersubsidi, Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan menjalankan amanah dari Pemerintah untuk melakukan pencocokan data sekaligus melakukan uji coba transaksi menggunakan tanda pengenal (KTP) yang nantinya akan disambungkan dengan program subsidi tepat. Hal ini disampaikan oleh Area Manager Communication, Relations & CSR Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, dalam keterangan persnya pada Sabtu (17/6).

Hingga 11 Juni 2023 penyaluran LPG 3 Kg di Kalimantan Selatan mencapai 49% atau sekitar 47.546 Metric Ton setara dengan 15,8 Juta tabung dari kuota Tahun 2023.

“Program subsidi tepat LPG 3 kg di wilayah Kalimantan Selatan telah dimulai pada 1 Juni 2023 kemarin yang dimulai dari 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Balangan dan Tapin. Kedepan akan dilakukan secara bertahap juga untuk Kota/Kabupaten lainnya. Tahapan pertama dari program ini adalah pencocokan data di pangkalan LPG dan nantinya akan diujicobakan transaksi ke konsumen,” ujar Arya.

Untuk saat ini, Arya menambahkan, proses yang dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga masih tahap pendataan dan pencocokan sehingga belum ada pembatasan pembelian. “Jadi kami tidak akan melaksanakan pembatasan di tahun ini, hanya akan melakukan pendataan/registrasi saja. Meskipun belum ada pembatasan pembelian namun tentu kami menghimbau kembali kepada seluruh konsumen terutama masyarakat yang secara ekonomi lebih mampu untuk tidak membeli LPG 3 kg sesuai aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah,” ungkapnya.

Selain pencocokan data pengguna LPG 3 kg, saat ini kami sedang melakukan persiapan dan validasi Agen dan Pangkalan sebelum nantinya melakukan uji coba transaksi menggunakan tanda pengenal (KTP) yang nantinya akan disambungkan dengan program subsidi tepat melalui website subsidi tepat.

Jumlah pangkalan LPG 3 kg di 2 Kabupaten yang telah memulai program pencocokan data subsidi tepat di bulai Juni 2023 ini berjumlah 460 pangkalan atau sekitar 79% telah tervalidasi dan masih terus berlangsung hingga akhir bulan ini. Dari total pangkalan yang telah tervalidasi tersebut nantinya akan mulai uji coba transaksi di pangkalan LPG menggunakan website subsidi tepat.

Kedepan jika program subsidi tepat untuk LPG Tertentu tepat sasaran dilaksanakan, untuk masyarakat yang sudah terdaftar, saat pembelian cukup membawa KTP dan Nomor Kartu Keluarga.

Sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM Nomor 37.K/MG.01/MEM.M/2023 tentang Petunjuk Teknis pendistribusian isi ulang Liquefied Petroleum Gas (LPG) Tertentu Tepat Sasaran disebutkan bahwa : pendistribusian LPG Tertentu secara tepat sasaran (LPG 3 Kg) kepada pengguna LPG tertentu, yang terdiri atas konsumen kelompok rumah tangga, usaha mikro, nelayan sasaran dan petani sasaran.

“Proses pelaksanaan subsidi tepat LPG 3 kg dan informasi terkait lainnya dapat diakses oleh masyarakat https://mypertamina.id/subsidi-tepat-lpg-3kg. Pertamina senantiasa akan berkomitmen untuk memastikan ketersediaan dan penyaluran BBM serta LPG kepada masyarakat. Jika masyarakat memiliki masukan serta saran atau kebutuhan informasi lainnya dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina,” pungkas Arya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *