BeritaBisnis

XL Axiata Dukung Percepatan Digitalisasi di Indonesia dengan Solusi Smart City dan Teknologi 5G

34
×

XL Axiata Dukung Percepatan Digitalisasi di Indonesia dengan Solusi Smart City dan Teknologi 5G

Share this article
Walikota Surabaya, Eri Cahyadi (kiri) bersama dengan Group Head Solution & Tech Acct Management XL Axiata, Aun Abdul Wadud (tengah) dan Head Enterprise Account East & Central XL Axiata, Varid Airlangga (kanan) mengunjungi booth XL Axiata Business Solutions di acara program tahunan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Surabaya, Senin (12/6). XL Axiata Business Solutions menawarkan pemanfaatan teknologi 5G untuk pembangunan smart city di Indonesia. Dengan 5G, implementasi program smart city dapat lebih diakselerasi sehingga akan sangat membantu pemerintah

XL Axiata Business Solutions (XLABS) menawarkan pemanfaatan teknologi 5G untuk pembangunan smart city di Indonesia. Dengan 5G, implementasi program smart city dapat lebih diakselerasi sehingga akan sangat membantu pemerintah. Keunggulan 5G akan mampu secara maksimal mendukung perangkat penunjang utama solusi digital terutama Internet of Things (IoT), Big Data, Artificial Intelligence (AI), Komputasi Awan serta Edge Computing guna menciptakan solusi digital yang dibutuhkan pemerintah daerah.

 

 

 

Jakarta, 21 Juni 2023. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mengembangkan layanan solusi digital dengan menerapkan teknologi terbaru. Melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS), XL Axiata antara lain menawarkan pemanfaatan teknologi 5G untuk pembangunan smart city di Indonesia. Dengan 5G, implementasi program smart city dapat lebih diakselerasi sehingga akan sangat membantu pemerintah daerah. XLABS mengenalkan solusi kota cerdas berbasis 5G tersebut dalam program tahunan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk assessment smart city yang berlangsung di Surabaya, pada 12-15 Juni 2023.

 

Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, “Sektor pemerintahan merupakan salah satu fokus XL Axiata Business Solutions tahun ini, dimana kami ingin membantu pemerintah daerah untuk menciptakan kota cerdas melalui solusi dan teknologi yang kami miliki sebagai penyedia layanan ICT terintegrasi yang dapat diandalkan. Kami terbuka untuk berdiskusi dengan rekan-rekan di pemerintah daerah terkait apa saja kebutuhan mereka atas solusi digital. Kami siap membantu dalam membangun dan menerapkan solusi-solusi menuju kota cerdas dengan teknologi IoT didukung oleh jaringan 5G.”

 

Feby menambahkan, teknologi 5G yang dimiliki XL Axiata, akan menyentuh berbagai segmen dan aspek untuk percepatan penerapan solusi kota cerdas secara signifikan. Keunggulan yang 5G hadirkan terutama berupa kecepatan transfer data hingga 20Gbps, tingkat latensi yang rendah hingga 1ms, peningkatan kapasitas pengguna​ hingga satu juta active connections per kilometer persegi, dan carrier-grade security. ​Dengan keunggulan teknis tersebut 5G akan mampu secara maksimal mendukung perangkat penunjang utama solusi digital terutama untuk teknologi Internet of Things (IoT), Big DataArtificial Intelligence (AI), Virtual/Augmented Reality (VR/AR), Streaming, serta Cloud Computing. Solusi digital tersebut bisa diterapkan untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah di berbagai aspek. Misalnya untuk mendukung layanan publik, dengan penerapan teknologi data terkait berbagai persoalan di lapangan yang sangat banyak bisa diolah secara akurat dan real-time. Solusi ini akan sangat membantu pemerintah daerah dalam memutuskan suatu kebijakan secara cepat dan tepat.

 

Seiring dengan tujuan untuk menjadikan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera dan berkualitas, XLABS menghadirkan solusi digital melalui teknologi IoT yang mampu memenuhi kebutuhan pemerintah daerah untuk memaksimalkan kinerja di sektor-sektor seperti digital signage, penanggulangan banjir, pemeliharaan fasilitas publik, optimalisasi Penerangan Jalan Umum (PJU), hingga pemantauan lalu lintas menggunakan CCTV dimana seluruh solusi tersebut terintegrasi dalam satu dashboard.

 

XLABS telah menerapkan solusi digital untuk mendukung program smart city antara lain di DKI Jakarta dan Kota Bengkulu. Teknologi IoT untuk Flood Monitoring atau Pemantauan Banjir di DKI Jakarta menggunakan sensor radar yang dapat memantau banjir, mengukur ketinggian air, kecepatan arus serta kondisi pompa untuk diproses dan dianalisis sesuai parameter yang ditentukan. Dengan begitu, data-data di lapangan yang disajikan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih cepat dalam penanganan bencana banjir. Sistem Pengendali Banjir Jakarta Smart City (JSC) dengan dukungan XLABS tersebut telah berhasil menjuarai ajang World Summit on the Information Society (WSIS) Award 2022 kategori E-Science. Dengan mendorong digitalisasi di berbagai aspek, harapannya dapat menghasilkan kolaborasi dan ekosistem sehingga mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

 

​Sementara itu, di Kota Bengkulu, XLABS turut mendukung program smart city sejak tahun 2021, dengan menerapkan antara lain penerangan jalan umum berbasis IoT. Dengan digitalisasi, operasional penerangan jalan bisa berlangsung secara efisien dan efektif, meliputi waktu menyala dan padam, tingkat kecerahan lampu, hingga penggunaan energinya. Selain itu juga diterapkan solusi “IoT Thermal Imaging” untuk mengukur suhu tubuh guna ditempatkan di perkantoran. Solusi ini telah diimplementasikan di gedung-gedung perkantoran untuk deteksi dini guna mencegah penularan penyakit berbahaya.

 

XLABS memiliki portfolio dan pengalaman panjang dalam implementasi solusi digital di berbagai sektor. Selain penguasaan teknologi, XLABS juga selalu melakukan riset terkait solusi-solusi yang inovatif melalui laboratorium IoT X-Camp yang telah tersertifikasi GSMA  serta memiliki tim sumber daya manusia yang unggul dalam mengelola layanan solusi digital bagi para pelanggan korporasi.

Rel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *