Berita

Tahun Baru Imlek di Banjarmasin Dimeriahkan Lampion Raksasa

46
×

Tahun Baru Imlek di Banjarmasin Dimeriahkan Lampion Raksasa

Share this article

BANJARMASIN Dalam rangka merayakan imlek dan melestarikan budaya Perkumpulan Hakka Kalimantan Selatan (PHKS) akan mengelar lampion ukuran raksasa bertempat di  Distric U1 Cofee & Eatery Jalan  Dahlia Banjarmasin, Rabu (17/01/2024).

Menurut Ketua Umum PHKS, Johnny Wijaya, Perkumpulan Hakka Kalimantan Selatan (PHKS)  sudah sering mengadakan acara menyambut hari Imlek. Hari imlek ini adalah suatu budaya yang kita lestarikan. Sebelumny pada tahun 2020, PHKS pernah menampilkan kue keranjang terbesar dengan berat 1,2 ton dipajang di Qmall Banjarbaru. Membuat naga terpanjang dengan panjang 60 meter di Qmall Banjarbaru.

“Imlek tahun 2024 ini, PHKS akan gelar lampion terbesar dengan diameter 5 meter dan tinggi 4,5 meter dan berat 150 kilogram berjumlah dua buah dan ditambah lampion kecil-kecil berjumlah 400 buah,” ungkapnya.

Johnny mengatakan, tujuannya agar imlek ini bisa dirasakan semua kalangan, tidak saja acara keagamaan dan kita sekaligus mensosialisasikan sebuah budaya yang harus terus dilestarikan. Untuk target penyelesaian pemasangan pada tanggal 1 Februari 2024 dan sudah bisa dilihat warga Kalsel untuk berfoto maupun mengabadikan momen. Menarik wisatawan dari luar untuk bisa berkunjung ke Banjarmasin sehingga meningkatkan UMKM menjadi maju dan berkembang.

“Perayaan imlek di meriahkan lampion raksasa dan atraksi barongsai pada tanggal 17 Februari 2024,” ujanya.

Harapan Johnny dengan adanya lampion terbesar ini dan mampu mendongkrak pariwisata Kalsel. Tahun depan, PHKS  bisa memasang lampion di Siring Banjarmasin atau Balai Kota. Pemerintah bisa mendukung dan memberikan fasilitas agar budaya lampion ini menjadi daya tarik wisatawan dan meningkatkan perekonomian warga.

Johnny mengajak warga Kalsel untuk mengunjungi lampion terbesar dan termegah ini di Banjarmasin mulai tanggal 1 Februari 2024 yang berlokasi di Cafe dan resto Distric U1, Jalan Dahlia Kelurahan Telawang, Kecamatan Banjarmasin Barat.

“Lampion ini menjadi icon saat perayaan imlek bisa digelar di Banjarmasin dan memeriahkan hari Imlek.Tema dari kegiatan ini, Bersama Satukan Hati menuju Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.

IB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *