Berita

Mujiat Dukung Pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Batola Berkembang

13
×

Mujiat Dukung Pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Batola Berkembang

Share this article
(Pemkab Batola ) akan terus mendukung pelaku seni agar terus aktif dan semakin berkembang.

Marabahan  – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola ) akan terus mendukung pelaku seni agar terus aktif dan semakin berkembang.

Menurut Pj Bupati Batola Mujiyat, kegigihan dan kemauan yang kuat dibutuhkan agar seni dan budaya bangsa tidak kehilangan identitasnya sebagai salah satu kebanggan dan juga pemersatu dalam berbagai keberagaman.

Masih sambutan Pj Bupati Batola Mujiat meminta seluruh pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Barito Kuala agar terus semangat, lebih produktif dan lebih proaktif lagi demi kemajuan bidang seni dan budaya di Kabupaten Barito Kuala.

“Harapannya di masa depan akan terlahir beragam inspirasi dan aspirasi yang lebih baik lagi dari apa yang ada sekarang,” kata Mujiyat yang dibacakan Sekretaris Dinas Pendidikan Batola, Lulut Widiyanto Putro, S.Pd. MM di Aula Selidah, Kota Marabahan, Rabu (7/2/2024).

Dewan Kesenian Daerah Batola menggelar diskusi berjudul Sungai Barito Dalam Diskusi Dua Buku, Cerita Rakyat dan Jelajah Sungai Menyapa Alam Barito.

Diskusi buku berjudul Cerita Rakyat Bakumpai dan Jelajahi Sungai Menyapa Alam Barito menghadirkan Kepala UPTD Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan juga Bunda Literasi Batola Suharyanti

Kepala Taman Budaya Kalimantan Selatan Suharyanti sangat mengapresiasi diskusi buku Cerita Rakyat Batola dan karya seniman Bakumpai agar cerita rakyat di masyarakat dapat didokumentasikan atau dibukukan agar tidak hilang.

Bunda Literasi Batola itu mengharapkan buku cerita rakyat itu bermanfaat bagi anak agar gemar membaca buku dan akan ada lagi penulis cerita rakyat di Bakumpai.

“Dengan dibuatkan dokumentasi, generasi muda yang akan datang masih dapat menikmati cerita rakyat dan Taman Budaya Kalimantan Selatan akan memfasilitasi untuk percetakan agar bukunya bisa disebarluaskan,” katanya.

Ketua Dewan Kesenian Batola Muhammad Asrani alias  mengatakan diskusi buku itu terobosan bidang sastra di Dewan Kesenian Batola.

Pria yang akrab disapa Bajau Malela itu berterima kasih kepada Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Batola.

Dia juga mengucapkan terimakasih sejumlah anggota dewan kesenian di Provinsi Kalimantan Selatan yang hadir, komunitas literasi dan narasumber serta penyusun buku cerita rakyat Bakumpai.

Narasumber dari dosen ULM yang sedang tugas belajar program S3 di luar negeri Nasrullah dan praktisi literasi Budi Kurniawan.

Pembicara diskusi, Kasmudin, S.Pd selaku penyusun buku cerita rakyat dan Ali Syamsudin Arsi selaku kurator buku Jelajah Sungai Menyapa Alam Barito Ali Syamsudin Arsi.

pj

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *