Berita

Bappelitbang Barito Kuala Gelar Sosialisasi Lomba Inovasi Daerah dan Bimtek Sinovara Bakula 2024

13
×

Bappelitbang Barito Kuala Gelar Sosialisasi Lomba Inovasi Daerah dan Bimtek Sinovara Bakula 2024

Share this article
Sekda Batola Zulkipli Yadi Noor menghadiri dan membuka Sosialisasi Lomba Inovasi Daerah dan Bimtek Sistem Informasi Manajemen Daerah Barito Kuala (Sinovara Bakula) Tahun 2024

Marabahan, pojokindonesia.com– Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Barito Kuala mengadakan Sosialisasi Lomba Inovasi Daerah dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Manajemen Daerah Barito Kuala (Sinovara Bakula) Tahun 2024. Acara tersebut berlangsung di Aula Mufakat, Kantor Bupati Barito Kuala di Kota Marabahan pada Rabu (8/5/2024).

Pelaksanaan sosialisasi ini didasarkan pada PP Nomor 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah, yang bertujuan menumbuhkembangkan produktivitas dan daya saing nasional serta daerah. Inovasi daerah berperan penting dalam meningkatkan kinerja pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, dan daya saing daerah. Kabupaten Barito Kuala telah berkomitmen untuk mengembangkan inovasi daerah sejak tahun 2021, dengan tujuan meningkatkan pelayanan publik dan daya saing hingga tingkat nasional.

Sekretaris Daerah Ir. H. Zulkipli Yadi Noor, M.Sc menyampaikan bahwa partisipasi dan kematangan inovasi dari SKPD di Kabupaten Barito Kuala masih rendah berdasarkan evaluasi selama dua tahun terakhir. “Evaluasi tahun 2023 menunjukkan dari 47 SKPD yang mengirimkan inovasi daerah, hanya 20 inovasi yang memenuhi syarat untuk dimasukkan dalam Innovative Governance Award (IGA) Kementerian Dalam Negeri,” ujarnya.

Kondisi ini berdampak pada peringkat Innovation Government Award (IGA), di mana Kabupaten Barito Kuala masih berada pada urutan ke-8 dari 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. Meskipun ada peningkatan dari peringkat 13 pada tahun 2023, masih diperlukan perhatian lebih, terutama dari para pimpinan SKPD.

“Saya berharap semua SKPD terus menciptakan berbagai program, kegiatan, dan kebijakan inovatif dalam tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, dan berbagai bidang lainnya, untuk memotivasi dan memacu kinerja birokrasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” harap Zulkipli Yadi Noor.

Untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas inovasi daerah, Bappelitbang mengadakan bimbingan teknis bagi seluruh kepala SKPD, camat, dan perwakilan organisasi lainnya. Diharapkan, kegiatan ini akan membantu SKPD dan pemangku kepentingan lainnya dalam memahami dan menggunakan aplikasi SINOVARA BAKULA untuk menjaring inovasi daerah.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (SEKDA) Ir. H. Zulkipli Yadi Noor, M.Sc, Kepala Bidang Inovasi Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Kalimantan Selatan Murwany Viviene Antang, BA, SE, Kepala Bappelitbang yang diwakili Kabid Litbang, para pimpinan SKPD atau perwakilan mereka, pejabat eselon II lingkup Pemkab Barito Kuala, perwakilan camat se-Kabupaten Barito Kuala, perwakilan universitas dan pelajar, serta perwakilan unsur masyarakat.

adi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *