Berita

Kepala Dinas Kominfo Barito Kuala Menjadi Narasumber Pembelajaran Komedi Bahasa Bakumpai

8
×

Kepala Dinas Kominfo Barito Kuala Menjadi Narasumber Pembelajaran Komedi Bahasa Bakumpai

Share this article
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Barito Kuala, Hery Sasmita, S.STP., M.AP menjadi narasumber Pembelajaran Komedi Tunggal Bahasa Bakumpai di Aula satu hotel di Kota Banjarmasin, Rabu (20/5/2024).

Marabahan, pojokindonesia.com – Hery Sasmita, S.STP, M.AP, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Barito Kuala, menjadi narasumber dalam acara Pembelajaran Komedi Tunggal Bahasa Bakumpai. Acara ini diadakan oleh Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dalam rangka kegiatan Bimbingan Teknis Guru Utama Revitalisasi Bahasa Bakumpai, yang berlangsung di sebuah hotel di Kota Banjarmasin pada Rabu (20/5/2024).

Kegiatan bimbingan teknis ini menjadi salah satu bagian penting dari rangkaian kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah tahun 2024. Melibatkan guru SD, SMP, dan anggota komunitas dari Kabupaten Barito Kuala sebanyak 25 orang, acara tersebut bertujuan untuk memperkuat penggunaan dan pemahaman bahasa Bakumpai.

Dalam sesi pembelajaran Komedi Tunggal berbahasa Bakumpai, Hery Sasmita membagikan pengalaman pribadinya, mengemasnya dalam bentuk komedi pendidikan yang khas berbahasa Bakumpai. Komedinya berhasil membuat para peserta tertawa terbahak-bahak, menambah keseruan acara.

Sebagai penutup sesi, Hery Sasmita memberikan tips bagi mereka yang ingin berkomedi dalam bahasa Bakumpai. “Mungkin baru kali ini ada sebuah lembaga yang menyadari bahwa saya itu lucu sebenarnya,” ujarnya sambil mengocokkan kelucuannya. Ia menyarankan agar para komedian percaya diri, mampu berkomunikasi dengan baik, menjaga intonasi, tidak terburu-buru dalam berbicara, dan mencari ide dari pengalaman pribadi yang lucu untuk dikemas menjadi komedi.

Partisipasi Hery Sasmita dalam acara ini menunjukkan dukungannya terhadap upaya pelestarian bahasa daerah. Diharapkan kegiatan ini dapat menginspirasi lebih banyak lagi orang untuk menggunakan bahasa daerah mereka dengan bangga dan kreatif, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya memelihara kekayaan budaya lokal.

adi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *