Berita

Sekda Batola Pimpin Peringatan Harkitnas dan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan

10
×

Sekda Batola Pimpin Peringatan Harkitnas dan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan

Share this article
Pemerintah Kabupaten Barito Kuala melaksanakan upacara peringatan ke 116 Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dan HUT ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di halaman Kantor Bupati Barito Kuala, Senin, (20/5/2024).

Marabahan – Pada Senin, (20/5/2024), Pemerintah Kabupaten Barito Kuala menggelar upacara megah untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116 (Harkitnas) dan merayakan HUT ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan. Acara ini digelar di halaman Kantor Bupati Barito Kuala dengan penuh semangat dan khidmat.

Sebagai Inspektur upacara, Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala, Ir. H. Zulkipli Yadi Noor, M.Sc, memimpin upacara dengan membacakan sambutan Harkitnas dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi, serta sambutan Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI dari Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor. Pesan dari kedua pemimpin tersebut memberikan inspirasi dan arahan untuk kemajuan bangsa dan daerah.

Dengan tema “Bangkit untuk Indonesia Emas”, upacara dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pejabat pemerintahan, Pegawai Pemkab, Gabungan TNI-Polri, serta elemen masyarakat. Momentum ini juga mengingatkan pada pentingnya Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV sebagai momen bersejarah dalam sejarah Kalimantan.

Acara ini juga menjadi ajang penghormatan terhadap semangat perjuangan para pahlawan dan pejuang yang telah berjuang untuk kemerdekaan dan keutuhan bangsa. Dengan persembahan lagu-lagu patriotik, seperti “Bagimu Negeri” dan “Satu Nusa Satu Bangsa”, suasana semakin terasa khidmat dan membangkitkan rasa nasionalisme.

Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan pada tanggal 17 Mei 1949 di Kandangan adalah momen bersejarah yang mengingatkan kita akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa. Di akhir upacara, atmosfir khidmat tetap terjaga dengan penampilan petugas upacara dari TNI Kodim 1005, yang memberikan sentuhan historis yang mengesankan.

Semoga peringatan Harkitnas dan HUT Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ini dapat memupuk semangat kebangsaan dan menjaga persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia, serta mendorong kemajuan daerah dan negara ke arah yang lebih baik.

adi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *