Berita

Menuju Banua Sehat: Strategi Batola Turunkan Angka Stunting

8
×

Menuju Banua Sehat: Strategi Batola Turunkan Angka Stunting

Share this article

MARABAHAN – Pj Bupati Batola Mujiyat berharap, Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) cegah stunting terus dilakukan di semua kecamatan di Marabahan untuk menekan angka stunting yang ada di Batola.

Mujiyat berkata, sosialisasi untuk mencegah stunting  dimulai dari lingkungan keluarga, masyarakat sekitar lingkup ruma, serta peran generasi muda. Sosialisasi edukasi seputar stunting, undang-undang perkawinan, 5 pilar strategi percepatan penurunan stunting dan 4 pilar utama gizi seimbang kepada para Ibu hamil, ibu dan balita, siswa sekolah, anggota forkopimda, Kepala SKPD, organisasi wanita, organisasi kemasyarakatan, dan masyarakat yang turut menghadiri acara Germas.

“Kesehatan merupakan salah satu dari 3 faktor utama yang mempengaruhi IPM (Indeks Pembangunan Masyarakat) demi menjadi negara yang maju dibutuhkan masyarakat yang sehat dan produktif oleh karena itu derajat tinggi kesehatan masyarakat merupakan yang utama oleh suatu bangsa,” katanya Jumat (24/5/2024).

Kata Mujiyat, lewat Germas merupakan tindakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat, tuturnya.

Untuk mencegah stunting lanjut Mujiyat, meski memiliki niat yang baik termasuk berlaku disiplin yang dapat dimulai dari diri sendiri “untuk hidup sehat, harus ada rasa komitmen dan tanggung jawab seperti disiplin makan obat tablet tambah darah dan vitamin, dalam upaya kita bersama melaksasnakan Germas dalam rangka mencegah stunting.

“Sasaran yang selalu kita dukung adalah generasi dari berbagai generasi, kolaborasi dan konsisten untuk pencegahan stunting, maka kita optimistis terhadap penurunan angka stunting di Kalsel khususnya di Batola,” katanya.

Kata Mujiyat, percepatan penurunan ini harus kita lanjutkan terus menerus juga ajak  anak kita makan ikan dan seringlah membaca literasi tentang stunting agar ada upaya kita eliminasi stunting di banua kita. Semakin banyak yang tahu stunting maka semakin banyak yang peduli stunting dan tularkan terus informasi stunting. Rel/adv

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *