Berita

PLN UP3 Kapuas Akan Realisasikan Listrik Nyala 24 Jam di Lima Kecamatan Terjauh

19
×

PLN UP3 Kapuas Akan Realisasikan Listrik Nyala 24 Jam di Lima Kecamatan Terjauh

Share this article

Kapuas, pojokindonesia.com – PLN UP3 Kuala Kapuas segera menyelesaikan permasalahan listrik di lima kecamatan terjauh di Kabupaten Kapuas. Selama ini, daerah-daerah tersebut hanya dapat menikmati listrik beberapa jam sehari karena ketergantungan pada pembangkit tenaga diesel yang sudah usang. Namun, dalam waktu dekat, PLN UP3 akan mengalihkan sumber listrik ke transmisi Barito yang lebih canggih untuk memastikan layanan listrik menyala 24 jam penuh.

Topan, Manager Jaringan dan Konstruksi PLN UP3 Kuala Kapuas, menjelaskan bahwa keterbatasan layanan listrik di lima kecamatan tersebut disebabkan oleh kondisi mesin pembangkit diesel yang sudah tua dan tidak lagi efisien. “Mesin-mesin pembangkit diesel yang ada sudah berumur dan sudah seharusnya kita beralih ke transmisi yang lebih canggih agar dapat menyala 24 jam,” ujar Topan dalam wawancara dengan awak media di ruang kerjanya, Senin, 3 Juni 2024.

Upaya untuk memperbaiki layanan listrik di daerah-daerah ini mencakup pengalihan jaringan listrik dari pembangkit diesel ke transmisi yang lebih modern dan andal. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kendala yang selama ini menghambat pelayanan listrik 24 jam, seperti keterbatasan kapasitas dan keandalan mesin diesel.

Dengan terealisasinya listrik yang menyala 24 jam, diharapkan akan ada peningkatan signifikan dalam kualitas hidup masyarakat di lima kecamatan tersebut. Listrik yang stabil dan tersedia sepanjang hari akan mendukung berbagai aktivitas ekonomi dan sosial, termasuk pendidikan, kesehatan, dan usaha kecil menengah.

PLN UP3 Kuala Kapuas berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan listrik di seluruh wilayah Kabupaten Kapuas. Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk memastikan akses listrik yang merata dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Dengan demikian, proyek ini bukan hanya sekadar peningkatan teknis tetapi juga langkah strategis untuk mendorong pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kapuas.

Proyek pengalihan ke transmisi Barito diharapkan selesai dalam waktu dekat, memberikan solusi jangka panjang untuk masalah listrik di lima kecamatan terjauh tersebut, dan memperkuat jaringan listrik di wilayah Kapuas secara keseluruhan. (uhkps)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *