Berita

Disparpustaka Kapuas Gelar Pemilihan Duta Baca Tingkat SLTA Kabupaten Kapuas

18
×

Disparpustaka Kapuas Gelar Pemilihan Duta Baca Tingkat SLTA Kabupaten Kapuas

Share this article

Kapuas,pojokindonesia.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas menyelenggarakan acara Pemilihan Duta Baca tingkat SLTA pada Kamis pagi (13/6/2024) di Huma Betang Bukit Ngalangkang. Acara ini dibuka oleh Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi, yang didampingi oleh Ketua TP-PKK, Agustina Erlin Hardi. Tema yang diusung pada acara ini adalah “Budaya Literasi Mencerdaskan dan Mensejahterakan”.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kapuas menekankan pentingnya budaya literasi bagi generasi muda. “Hari ini kita membuka acara pemilihan duta baca tingkat SLTA sederajat. Diharapkan melalui kegiatan ini, kita dapat meningkatkan budaya literasi di Kapuas,” ujarnya. Erlin Hardi juga berharap bahwa para duta baca yang terpilih dapat menjadi motor penggerak dalam meningkatkan minat baca di masyarakat, terutama di kalangan anak-anak dan remaja.

Ketua TP-PKK, Agustina Sri Rejeki, yang juga dikenal sebagai Bunda Literasi, memberikan ucapan selamat kepada para finalis. “Selamat kepada peserta yang telah lolos hingga menjadi finalis. Mereka semua adalah anak-anak terbaik yang nantinya akan mewakili Kapuas di tingkat provinsi,” ungkapnya. Agustina juga menambahkan bahwa duta baca ini akan bekerja sama dengan Bunda Literasi dalam meningkatkan minat baca di masyarakat.

Pada acara tersebut, Kadisarpustaka Kapuas, H Suwarno Muriyat, memberikan laporan mengenai rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan. “Kegiatan ini telah diawali dengan technical meeting dan seleksi awal. Hari ini adalah pembukaan acara dan dilanjutkan dengan unjuk bakat,” jelas Suwarno. Ia juga menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pelajar, mengembangkan minat baca, literasi, dan penggunaan media sosial secara bijak. Dari sembilan SMA, SMK, dan MA, baik negeri maupun swasta di Kapuas, sebanyak 22 siswa terpilih menjadi finalis.

Pada kesempatan yang sama, Suwarno Muriyat juga menyerahkan sembilan buku karyanya kepada para finalis duta baca. Penyerahan dilakukan oleh Bunda Literasi Kapuas. Selain itu, Kadisarpustaka juga memberikan buku kepada Pj Bupati Kapuas sebagai simbol komitmen Kapuas dalam mendukung peningkatan literasi.

Agustina juga menyoroti Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) yang sedang berjalan. “Ini adalah Program Prioritas Nasional yang bertujuan meningkatkan kegemaran membaca untuk mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat. Program ini sejalan dengan tema kegiatan kita hari ini,” jelasnya.

Acara ini disambut baik oleh masyarakat dan diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam meningkatkan kualitas literasi di Kabupaten Kapuas. Dengan semangat “Hinje Mamangun Kapuas”, diharapkan generasi muda Kapuas dapat tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, kritis, dan berwawasan luas. (uhkps)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *