Berita

SDN di Kapuas Hulu Perlu Perhatian Serius dari Pihak Terkait

18
×

SDN di Kapuas Hulu Perlu Perhatian Serius dari Pihak Terkait

Share this article

Kapuas, pojokindonesia.com – Kondisi beberapa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas, membutuhkan perhatian serius dari pemerintah dan pihak terkait. Salah satu sekolah yang paling memprihatinkan adalah SDN 1 Bulau Ngandung. Berdasarkan pantauan media, SDN 1 Rahung Bungai juga mengalami kondisi serupa, dengan fasilitas belajar yang sangat tidak layak.

SDN 1 Rahung Bungai memiliki empat ruang belajar yang semuanya dalam kondisi rusak parah. Plafon yang hancur, lantai dan dinding yang lapuk, serta meja, kursi, dan papan tulis yang sudah termakan usia, membuat ruang belajar tidak layak digunakan. Kepala SDN 1 Rahung Bungai, Aprianto, S.Pd, mengungkapkan bahwa selama 25 tahun terakhir, sekolah ini belum pernah menerima bantuan untuk perbaikan gedung atau prasarana lainnya.

“Kami sudah beberapa kali mengajukan usulan untuk perehaban gedung, tetapi hingga kini belum mendapat tanggapan. Meskipun begitu, semangat mengajar para guru dan semangat belajar para siswa tetap tinggi, meskipun kita merasa iba melihat kondisi mereka,” kata Aprianto saat ditemui di ruang kerjanya pada Kamis siang (13/6/2024).

Aprianto berharap pemerintah dapat memahami dan merespon kondisi ini, terutama mengingat bahwa sekolah ini sering mengalami kebocoran saat musim hujan, yang menghambat proses pembelajaran. “Sekolah ini seharusnya masuk dalam skala prioritas perbaikan Dinas Pendidikan Kapuas,” tambahnya.

Kepala Desa Rahung Bungai, Iton, yang juga alumni SDN 1 Rahung Bungai, menyatakan bahwa sejak ia duduk di bangku kelas satu, sekolah ini belum pernah direnovasi. “Seiring waktu, bangunan ini tentu saja sudah tua. Meski prihatin, tidak banyak yang bisa kami lakukan,” jelas Iton.

Iton menambahkan bahwa memiliki gedung sekolah dengan prasarana yang layak adalah keinginan semua desa, karena dapat menjadi penyemangat dan meningkatkan motivasi baik bagi guru maupun siswa. “Gedung yang layak dan fasilitas pendukung yang memadai tentu akan membantu proses belajar mengajar menjadi lebih efektif,” pungkasnya.

Diharapkan pemerintah dan pihak terkait segera turun tangan untuk memperbaiki kondisi sekolah-sekolah ini, agar anak-anak di Kapuas Hulu bisa belajar dengan nyaman dan aman.

(uhkps)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *