Berita

Jemaah Masjid Agung Kapuas Membeludak pada Shalat Idul Adha 1445 H

41
×

Jemaah Masjid Agung Kapuas Membeludak pada Shalat Idul Adha 1445 H

Share this article
Masjid Agung Al Mukaram Amanah di Kuala Kapuas untuk melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 H. Pelaksanaan shalat dimulai pukul 07.00 WIB dengan KH Nurani Sarji sebagai Imam dan KH Ahmad Husaini sebagai Khatib.

Kapuas, pojokindonesia.com – Pada Senin pagi, 17 Juni 2024, ribuan umat Muslim memadati Masjid Agung Al Mukaram Amanah di Kuala Kapuas untuk melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 H. Pelaksanaan shalat dimulai pukul 07.00 WIB dengan KH Nurani Sarji sebagai Imam dan KH Ahmad Husaini sebagai Khatib.

Acara ini dihadiri oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi, Forkopimda, jajaran Pemkab Kapuas, kepala SOPD, serta umat Muslim dari berbagai penjuru. Dalam sambutan singkatnya, Pj Bupati Erlin Hardi mengucapkan selamat Idul Adha kepada seluruh jemaah dan mengajak mereka untuk mendoakan para jamaah haji yang sedang menunaikan ibadah di tanah suci agar selalu sehat dan menjadi haji yang mabrur.

“Kita bersama-sama berdoa agar para jamaah haji kita diberi kelancaran dan kesehatan dalam menjalankan rukun haji, serta kembali menjadi haji yang mabrur,” ujar Erlin Hardi.

Khatib KH Ahmad Husaini dalam khotbahnya menyampaikan pesan tentang pentingnya pengorbanan dalam memperjuangkan keselamatan umat Islam. Ia juga mengingatkan jemaah untuk bersatu dalam menghadapi berbagai cobaan dan ancaman yang bertujuan memecah belah umat.

“Pengorbanan adalah kunci dalam memperjuangkan keselamatan umat. Kita harus tetap bersatu menghadapi segala tantangan yang ada,” singkat KH Ahmad Husaini.

Karena membeludaknya jumlah jemaat, ruang dalam masjid tidak mampu menampung seluruh jamaah sehingga mereka meluber hingga ke halaman masjid. Antusiasme yang tinggi dari masyarakat menunjukkan semangat kebersamaan dan kekhusyukan dalam menjalankan ibadah Idul Adha.

Acara berlangsung khidmat dan tertib, meskipun jumlah jamaah yang hadir melebihi kapasitas masjid. Hal ini menunjukkan tingginya semangat dan keinginan umat Muslim Kapuas untuk menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh.

(uhkps)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *