Berita

Kebakaran di Jalan Patih Rumbih, Kapuas, Sempat Mengejutkan Warga

26
×

Kebakaran di Jalan Patih Rumbih, Kapuas, Sempat Mengejutkan Warga

Share this article

Kapuas, pojokindonesia.com – Kepulan asap di salah satu bangunan toko di Jalan Patih Rumbih, tepatnya di samping kiri Toko Serba 35.000, mengagetkan warga dan relawan pemadam kebakaran. Sejumlah relawan dari BPK Mandiri segera mengarahkan unit pemadam ke lokasi, sementara warga sekitar juga bergegas menuju tempat kejadian.

Setibanya di lokasi, relawan pemadam kebakaran langsung berupaya memadamkan api yang semula terlihat di bagian kamar mandi pada bangunan terpisah dari gedung utama. Api berhasil dipadamkan oleh sejumlah anggota BPK Mandiri.

Nurmini, seorang saksi mata, menjelaskan bahwa bagian yang terbakar awalnya adalah kamar mandi yang oleh pemiliknya, yang tinggal di Jalan Melati, telah diubah menjadi gudang penyimpanan barang bekas.

Fadil, Kepala Toko Serba 35.000 yang turut membantu pemadaman, mengonfirmasi bahwa yang terbakar adalah kamar mandi yang telah diubah menjadi gudang barang bekas. “Kami sempat panik dan heran karena kamar mandi tersebut tidak dialiri listrik, sehingga kemungkinan besar bukan disebabkan oleh korsleting listrik. Jangkauan CCTV kami hanya sampai area parkir, sehingga tidak bisa melihat apakah ada orang yang masuk ke belakang sebelum kejadian. Kami mengetahui adanya api setelah beberapa warga berteriak,” katanya.

Berita kebakaran ini juga sampai ke Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi, ST, yang langsung datang ke lokasi. “Oh, hanya kamar mandi saja,” kata PJ. Bupati Kapuas, Erlin Hardi, saat mendapat keterangan dari Ketua BPK Tirta Borneo, Rahmat M Noor. “Sebaiknya warga tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran karena bisa menimbulkan kerugian yang sangat besar,” himbau Erlin sebelum meninggalkan lokasi kebakaran.

Detail Kejadian:

A. Waktu dan Tempat:

  • Tanggal: Selasa, 18 Juni 2024
  • Waktu: Sekira pukul 11.33 WIB
  • Lokasi: Jalan Patih Rumbih, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas

B. Pemilik Ruko:

  • Almarhum H. Toto

C. Saksi:

  1. Nama: Rian
    • Alamat: Jalan Garuda
    • Pekerjaan: Swasta
    • Keterangan: Melihat asap muncul dari kamar mandi/wc belakang ruko milik H. Toto
  2. Nama: Fadil
    • Alamat: Jalan Patih Rumbih, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas
    • Pekerjaan: Kepala Toko Serba 35.000
    • Keterangan: Mengonfirmasi bahwa kamar mandi tersebut telah diubah menjadi gudang penyimpanan barang bekas

D. Kronologi:

  1. Berdasarkan keterangan saksi, asap putih terlihat berasal dari gudang bekas kamar mandi/wc di belakang ruko Serba 35.000 milik almarhum H. Toto. Saksi berteriak meminta pertolongan, dan warga setempat segera memanggil pihak pemadam kebakaran. Api tidak sempat membesar, sehingga tidak menimbulkan kerugian besar.
  2. Pada pukul 11.40 WIB, api berhasil dipadamkan oleh tim Damkar Pol PP Kabupaten Kapuas dan tiga unit pemadam milik swadaya masyarakat setempat.
  3. Setelah api padam, PJ. Bupati langsung meninjau lokasi kejadian.

E. Kerugian:

  • Prediksi kerugian belum bisa dipastikan karena hanya melibatkan gudang kecil. Pihak Polsek Selat masih menyelidiki asal mula titik api.

F. Korban Jiwa:

  • Nihil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *