Berita

PWI Kapuas Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan

×

PWI Kapuas Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan

Share this article
PWI Kapuas Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan
PWI Kabupaten Kapuas mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Wawasan Kehumasan dengan tema "Bersama PWI, Tingkatkan Keterampilan dan Informasi di Era Digitalisasi"

Kapuas, pojokindonesia.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kapuas mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Wawasan Kehumasan dengan tema “Bersama PWI, Tingkatkan Keterampilan dan Informasi di Era Digitalisasi”. Acara ini dilaksanakan di aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Jalan Sudirman Selat Hilir Kuala Kapuas pada Kamis, 15 Mei 2024. Peserta yang hadir berasal dari unsur kehumasan OPD jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kamis 16 Mei 2024.

Dalam acara tersebut, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kabupaten Kapuas, sebagai leading sektor utama dalam informasi publik dan juga sebagai wadah para jurnalis/media setempat, memaparkan materi yang disampaikan oleh Gusti Mahfuz, Pranata Ahli Muda Dinas Kominfosatik Kabupaten Kapuas.

Gusti Mahfuz memberikan tips kepada pengguna media sosial untuk selalu memeriksa informasi yang disampaikan sebelum mempercayainya, terutama jika informasi berasal dari sumber yang tidak jelas, dan menghimbau untuk segera melaporkannya kepada pihak siber.

Selain itu, Gusti Mahfuz juga mengingatkan masyarakat pengguna layanan media online dan media sosial lainnya untuk dapat membedakan berita atau informasi hoaks, kebiasaan berita, dan informasi yang berasal dari nama dan situs media yang tidak jelas. “Jangan terlalu mudah percaya pada informasi yang didapatkan, pastikan dahulu kejelasan isi berita atau informasi yang didapatkan dari beberapa sumber lainnya,” kata Gusti Mahfuz.

Lebih lanjut, dijelaskan juga tentang pentingnya peran Humas dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat, baik itu melalui rilis berita terkait kegiatan pada perangkat daerah maupun senantiasa menjalin kerja sama dengan insan pers atau media.

Pemerintah Kabupaten Kapuas, melalui Dinas Kominfosatik, saat ini menjadi pengelola Aplikasi Sistem Informasi Berita yang Terintegrasi (SIBER), yang dapat diakses melalui https://kip.kapuaskab.go.id, yang menjadi wadah portal informasi kegiatan OPD jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas, demikian Gusti Mahfuz menjelaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *