Berita

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kapuas Sosialisasikan Akreditasi Perpustakaan Sekolah

×

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kapuas Sosialisasikan Akreditasi Perpustakaan Sekolah

Share this article
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kapuas Sosialisasikan Akreditasi Perpustakaan Sekolah

Kapuas, pojokindonesia.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas menggelar sosialisasi akreditasi perpustakaan sekolah tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Kapuas pada Selasa, 10 September 2024. Acara ini dilaksanakan di Rumah Betang Bukit Ngalangkang dan dibagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama, yang dilaksanakan untuk sekolah-sekolah tingkat SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah (MA), akan diikuti oleh tahap kedua yang mencakup SMP dan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kapuas.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk membekali pengelola perpustakaan dengan pengetahuan mengenai standar akreditasi nasional. “Sosialisasi ini penting agar sekolah dan madrasah dapat mengelola perpustakaan mereka sesuai dengan standar nasional dan mempersiapkan diri untuk akreditasi. Banyak sekolah yang belum memiliki akreditasi, padahal akreditasi ini penting untuk memastikan pengelolaan perpustakaan memenuhi standar yang ditetapkan,” ujarnya.

Suwarno menjelaskan bahwa ada tiga tingkatan akreditasi: A, B, dan C. Proses akreditasi melibatkan penilaian terhadap berbagai standar, termasuk standar pelayanan, sumber daya manusia, dan koleksi buku. “Ada sebanyak delapan standar yang harus dipenuhi untuk memperoleh akreditasi. Sebelum proses akreditasi, kami memberikan sosialisasi kepada kepala sekolah dan pengelola perpustakaan agar mereka bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik,” tambahnya.

Penilaian akreditasi dilakukan oleh Dinas Provinsi untuk memastikan bahwa perpustakaan sekolah memenuhi semua kriteria yang ditetapkan.

(uhkps)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *