Berita

Pj. Bupati Kapuas Resmi Buka Perkemahan Tingang Menteng Scout Camp I

×

Pj. Bupati Kapuas Resmi Buka Perkemahan Tingang Menteng Scout Camp I

Share this article
Pj. Bupati Kapuas Resmi Buka Perkemahan Tingang Menteng Scout Camp I

Kapuas, pojokindonesia.com – Perkemahan Tingang Menteng Scout Camp I resmi dibuka oleh Pj. Bupati Kapuas, H. Darliansjah, pada Jum’at pagi, 20 September 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kapuas dan berlangsung selama tiga hari di Sanggar Pramuka Jalan Keruing, sebagai ajang kompetisi bagi Pramuka Penegak dan Pandega.

Dalam sambutannya, Darliansjah menekankan pentingnya kontribusi pemuda dalam pembangunan daerah. “Jadikanlah ajang ini untuk mengukir prestasi sekaligus menempa kemampuan demi mewujudkan anggota Pramuka yang handal. Selain itu, gunakan kesempatan ini untuk saling mengenal dan berbagi pengetahuan dengan peserta lain,” ujarnya. Sebagai simbolis pembukaan, Bupati mengalungkan tanda peserta dan memberikan bibit cabai kepada lima anggota Pramuka sebagai perwakilan.

Hadir dalam acara tersebut, unsur Forkopimda, sejumlah perangkat daerah, serta Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas, Yohanes. Ia memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Tingang Menteng Scout Camp I, yang dianggap sebagai sarana pembinaan dan pengembangan keterampilan Pramuka.

Ketua Kwarcab Kapuas, DR. H. Suwarno Muriyat, menyatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 268 peserta, terdiri dari 260 Penegak dan 8 Pandega, dengan peserta terjauh berasal dari Buhut. “Kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun dan mencetak anggota Pramuka yang terampil, khususnya dalam teknik kepramukaan,” tuturnya.

Usai upacara pembukaan, diadakan pula upacara Adat Ambalan Tingang Menteng yang dipimpin oleh Kepala Pusdiklatcab, Sri Candra Nilawati, S.Pd. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi dan keterampilan mereka dalam berorganisasi dan kepemimpinan. (uhkps)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *