Berita

Pemkab Barito Kuala Rayakan Hari Kesaktian Pancasila dengan Upacara Khidmat

×

Pemkab Barito Kuala Rayakan Hari Kesaktian Pancasila dengan Upacara Khidmat

Share this article
Pemkab Barito Kuala Rayakan Hari Kesaktian Pancasila dengan Upacara Khidmat
Pemkab Barito Kuala (Batola) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Marabahan, pojokindonesia.com – Pemkab Barito Kuala (Batola) melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Selasa (01/10). Upacara ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Dinansyah, dengan Mahyuni, S.Pd., M.M., sebagai Komandan Upacara.

Bertempat di Halaman Kantor Setdakab Batola, momen ini juga diwarnai dengan penyerahan Grand Design Pembangunan Batola dari Pj Bupati Dinansyah kepada Sekda Kabupaten Batola, H Zulkipli Yadi Noor. Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen penting, termasuk Ketua Sementara DPRD Batola Saleh, para anggota forkopimda, pimpinan organisasi wanita, Staf Ahli Bupati, serta kepala SKPD, BNNK, dan instansi vertikal lainnya.

Upacara diikuti oleh pasukan TNI, Polri, Satpol-PP, dan Korpri, menciptakan suasana khidmat dan penuh kebersamaan. Dalam acara ini, pembacaan naskah Ikrar Kesaktian Pancasila dilakukan dengan penuh semangat, diikuti oleh pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan SMP, Soranto S.Pd., M.M., serta doa oleh Taufik.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober, sebagai pengingat peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI). Peringatan ini ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967, yang menegaskan pentingnya Pancasila sebagai dasar ideologi negara.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Dinansyah membacakan Pancasila dengan penuh semangat. Ia juga menegaskan pentingnya kewaspadaan terhadap rongrongan ideologi yang dapat mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Sejak proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, banyak tantangan yang dihadapi, baik dari dalam maupun luar negeri. Kita harus bersama-sama mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” ungkapnya.

Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang ditandatangani oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani, menegaskan komitmen seluruh bangsa Indonesia untuk menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *