Politik

Profil H Muhidin Calon Gubernur Kalsel

×

Profil H Muhidin Calon Gubernur Kalsel

Share this article
Profil H Muhidin Calon Gubernur Kalsel

Jika mendengar tentang Siring Banjarmasin, Gerbang Perbatasan Kota Banjarmasin dan Patung Maskot Banjarmasin maka salah satu yang akan diingat adalah penggagasnya yakni sosok H Muhidin.

Siring yang kini menjadi salah satu wisata ikonik Kota Banjarmasin itu merupakan gagasan dari H Muhidin yang saat itu menjabat sebagai wali kota Banjarmasin periode 2010 – 2015.

Kesuksesannya membangun siring sebagai salah satu cara mengatasi kekumuhan di Banjarmasin didukung oleh ketua RT di Banjarmasin.

Ia berhasil meyakinkan ketua RT di Banjarmasin agar warga mau untuk dilakukan pembebasan lahan untuk pembangunan Siring.

H Muhidin yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Selatan periode 2021-2024 ini diketahui dekat dengan semua ketua RT di Banjarmasin.

Salah satunya saat ia menjabat sebagai Ketua Partai Bintang Reformasi (PBR), ia membagikan seribu genset dari hasil gajinya sebagai anggota DPRD Tapin dan DPRD Kalsel ke setiap musala di Banjarmasin di tahun 2007.

Tindakan tersebut ia lakukan atas usulan dari ketua RT se-Banjarmasin lantaran sering terjadi pemadaman listrik di Banjarmasin kala itu.

Muhidin yang terbiasa mendengar suara azan berkumandang dengan bantuan pengeras suara merasa perlu untuk memberi sumbangsih agar suara azan tetap lantang berkumandang meski sering terjadi pemadaman listrik.

Termasuk saat dirinya mencalonkan diri sebagai wali kota Banjarmasin. Atas dukungan dari ketua RT ia pun memberanikan diri maju sebagai calon wali kota yang diusung PBR dan terpilih menjadi wali kota Banjarmasin untuk satu periode.

H Muhidin SE SH MM merupakan putera Binuang Tapin kelahiran 6 Mei 1958. Ia memulai karir sebagai Guru Olahraga SD di Tapin dari 1981 hingga 2004.

Melalui pekerjaan sebagai guru itulah ia mendapatkan pasangannya kini, Hj Fathul Jannah yang sebelumnya sebagai siswanya di SDN Binuang 7.

Ia kemudian menjadi anggota DPRD Tapin periode 2004 hingga 2009 saat masih bergabung di PBR.

Masih dengan partai yang sama, ia hijrah ke Banjarmasin dan menjadi warga Banjarmasin dan menduduki kursi anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dengan periode yang singkat yakni 2009 hingga 2010.

Hingga di 2010 ia juga menjadi wali kota Banjarmasin dan pasangannya Irwan Anshari atas dukungan PBR.

Karir perpolitikan Muhidin dimulai saat ia bergabung di PBR. Namun tak lama saat Muhidin menjabat sebagai wali kota Banjarmasin ia bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan menjadi ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN Kalsel.

Pada 2015 ia maju menjadi calon gubernur Kalimantan Selatan berpasangan dengan Gusti Farid Hasan Aman dari jalur independen. Kini ia menjadi wakil gubernur Kalsel periode 2021-2024 berpasangan gubernur Sahbirin Noor.

Kini Muhidin berpasangan dengan Hasnuryadi Sulaiman maju Pilkada Kalsel 2024 menjadi Calon Gubernur Kalsel.

Profil H Muhidin Calon Gubernur Kalsel

Nama: H. Muhidin, SE, SH, MM

TempatTanggal Lahir: Binuang, 06 Mei 1958

Agama: Islam

Isteri: Hj. Fathul Jannah

Anak:            

1. Hj. Karmila Muhidin

2. Hj. Rahmah Hayati Muhidin

3. H. Nur Rahman

4. Ahmah Muzaki

Menantu:            

1. H. Harry Wijaya

2. Yanuar Rifki Amrullah, dr

Cucu:            

1. Azima Nabila Putri

2. Ahmad Nur Azzami

3. Aisyah Kayla Azzahra

Pendidikan Formal:            

1. SDN Binuang 1 (1972)

2. SMP A. Yani Binuang (1976)

3. SGO Banjarmasin (1980)

Pengalaman Kerja:            

1. Guru Olahraga SD Tahun 1981 s/d 2004

2. ANGGOTA DPRD TAPIN TH. 2004 S/D 2009

3. ANGGOTA DPRD Kalsel Tahun 2009 s/d 2010

4. Walikota Banjarmasin Tahun 2010 s/d 2015

5. Wakil Gubernur Kalsel tahun 2021-2024

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *